BIDANG
ILMU, PROGRAM STUDI DAN
METODE PEMBELAJARAN
A. Bidang Ilmu
Universitas Billfath akan
menyelenggarakan beberapa bidang ilmu
sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan.
Pada Di awal pendirian ini, Universitas Billfath ini akan
meyelnggrakan bidang ilmu dari rumpun Kependidikan
(FKIP), rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bidang
ilmu Teknik, dan Ilmu Hukum.
B. Program Studi
Dari empat rumpun bidang ilmu di atas, Universitas Billfath
akan meyelenggarakan 10 program studi, yaitu:
1.
Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
2.
Program Studi Pendidikan Kimia
3.
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
4.
Program Studi Fisika
5.
Program Studi Biologi
6.
Program Studi Matematika
7.
Program Studi Teknik Informatika
8.
Program Studi Teknik Mesin
9.
Program Studi Teknik Elektro
10. Program Studi Ilmu Hukum
C. Metode Pembelajaran
Pembelajaran adalah proses interaksi mahasiswa dengan dosen
dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (Peraturan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan, No. 49 tahun 2014, pasal
1 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi). Karakteristik pembelajaran pendidikan
vokasi terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik,
kontekstual, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.
Bentuk pembelajaran pendidikan vokasi dapat berupa:
a. Kuliah,
b. Responsi dan tutorial, atau
c. Praktikum laboratorium, praktik bengkel/workshop, praktik
studio Pembelajaran teori dilaksanakandi
kelas.
Pembelajaran responsidan tutorial dilaksanakan secara
sistematis dan terjadwal. Pembelajaran praktikum dilaksanakan secara perorangan
atau kelompok mahasiswa di laboratorium/workshop, dan/atau di lapangan (industri/perusahaan).
Proses pembelajaran teori dan pembelajaran praktik dilaksanakan berdasarkan
rencana pembelajaran semester yang disebut Silabus. Silabus dikembangkan oleh
dosen secara mandiri atau kelompok bidang keahlian.
Proses pembelajaran melalui kegiatan kurikuler wajib
dilakukan secara sistematis dan terstruktur melalui berbagai mata kuliah dan dengan
beban belajar yang terukur. Proses pembelajaran melalui kegiatan kurikuler
wajib menggunakan metode pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik
mata kuliah untuk mencapai kemampuan tertentu yang ditetapkan dalam matakuliah.
Metode pembelajaran vokasi antara lain: diskusi kelompok, simulasi, studi kasus,
pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran
berbasis masalah, atau metode
pembelajaran lain yang relevan dan
secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan.
Setiap mata kuliah dapat menggunakan satu atau gabungan beberapa metode
pembelajaran. Disampin
beberapa metode yang sudah disebutkan di atas, pembelajaran pada Universitas
Billfath juga menerapkan pembelajaran dengan mengunakan metode pembelajaran
inquiry, suatu metode yang berusaha mengembangkan tiga aspek hasil belajar baik
kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Metode pembelajaran ini akan mampu
mengembangkan daya analisis, kreativitas dan inovatif para mahasiswa. Dengan
demikian prestasi dan produktivitas diharapkan akan tumbuh dengan baik.
Metode pembelajaran akan didukung
dengan media dan sarana pembelajaran yang memadai dan mendukung penggunaan
strategi modern yang diterapkan. Pembelajaran juga akan menggunakan fasilitas
teknologi internet, termasuk dalam memenuhi kebutuhan informasi dan literatur
pembejalaran.
0 komentar:
Posting Komentar