Main Slider

SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU TA.2017/2018

BIDANG ILMU, PROGRAM STUDI DAN
 METODE PEMBELAJARAN

A. Bidang Ilmu
Universitas Billfath akan menyelenggarakan beberapa bidang ilmu sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan. Pada Di awal pendirian ini, Universitas Billfath ini akan meyelnggrakan bidang ilmu dari rumpun Kependidikan (FKIP), rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bidang ilmu Teknik, dan Ilmu Hukum.

B. Program Studi
 Dari empat rumpun bidang ilmu di atas, Universitas Billfath akan meyelenggarakan 10 program studi, yaitu:
1.      Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
            2.      Program Studi Pendidikan Kimia
            3.      Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
            4.      Program Studi Fisika
            5.      Program Studi Biologi
            6.      Program Studi Matematika
            7.      Program Studi Teknik Informatika
            8.      Program Studi Teknik Mesin
            9.      Program Studi Teknik Elektro
           10.  Program Studi Ilmu Hukum

C. Metode Pembelajaran
Pembelajaran adalah proses interaksi mahasiswa dengan dosen dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (Peraturan Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan, No. 49 tahun 2014, pasal 1 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi). Karakteristik pembelajaran pendidikan vokasi terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa. 
Bentuk pembelajaran pendidikan vokasi dapat berupa:
a. Kuliah,
b. Responsi dan tutorial, atau
c. Praktikum laboratorium, praktik bengkel/workshop, praktik studio  Pembelajaran teori dilaksanakandi kelas.
Pembelajaran responsidan tutorial dilaksanakan secara sistematis dan terjadwal. Pembelajaran praktikum dilaksanakan secara perorangan atau kelompok mahasiswa di laboratorium/workshop, dan/atau di lapangan (industri/perusahaan). Proses pembelajaran teori dan pembelajaran praktik dilaksanakan berdasarkan rencana pembelajaran semester yang disebut Silabus. Silabus dikembangkan oleh dosen secara mandiri atau kelompok bidang keahlian.
Proses pembelajaran melalui kegiatan kurikuler wajib dilakukan secara sistematis dan terstruktur melalui berbagai mata kuliah dan dengan beban belajar yang terukur. Proses pembelajaran melalui kegiatan kurikuler wajib menggunakan metode pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik mata kuliah untuk mencapai kemampuan tertentu yang ditetapkan dalam matakuliah. Metode pembelajaran vokasi antara lain: diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif,  pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah,  atau metode pembelajaran lain yang relevan dan  secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan. Setiap mata kuliah dapat menggunakan satu atau gabungan beberapa metode pembelajaran. Disampin beberapa metode yang sudah disebutkan di atas, pembelajaran pada Universitas Billfath juga menerapkan pembelajaran dengan mengunakan metode pembelajaran inquiry, suatu metode yang berusaha mengembangkan tiga aspek hasil belajar baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Metode pembelajaran ini akan mampu mengembangkan daya analisis, kreativitas dan inovatif para mahasiswa. Dengan demikian prestasi dan produktivitas diharapkan akan tumbuh dengan baik.
Metode pembelajaran akan didukung dengan media dan sarana pembelajaran yang memadai dan mendukung penggunaan strategi modern yang diterapkan. Pembelajaran juga akan menggunakan fasilitas teknologi internet, termasuk dalam memenuhi kebutuhan informasi dan literatur pembejalaran.

0 komentar:

Posting Komentar